Pada
Kesempatan kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang Interface. Interface
sangat berperan penting dalam penghubung antara user dan system. Interface yang
userfriendly erntu akan lebih memudanhkan pengguna dalam pengoperasiannya, dan
tentu akan menaikkan rating situs atau palikasi yang dibuat. Oleh karena itu
saya akan sedikit membahas apa itu Interface.
Ø
PENGERTIAN INTERFACE
Antarmuka
(Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan
sistem. Antarmuka (Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan
memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur
penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
Interface,
berfungsi untuk menginput pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem
pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian
sistem secara menyeluruh / step by step sehingga pengguna mengerti apa yang
akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting adalah kemudahan dalam
memakai / menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan
dalam mengembangkan / membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.
·
Interface
yang ada untuk berbagai sistem, dan menyediakan cara
·
Input,
memungkinkan pengguna untuk memanipulasi sistem.
·
Output,
memungkinkan sistem untuk menunjukkan efek manipulasi pengguna.
Ø
TUJUAN INTERFACE
Tujuan
sebuah interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar
user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan
bahasa amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa merupakan alat
tertua (barangkali kedua tertua setelah gesture) yang dipakai orang untuk
berkomunikasi sehari-harinya. Praktis, semua pengguna komputer dan Internet
(kecuali mungkin anak kecil yang memakai komputer untuk belajar membaca) dapat
mengerti tulisan.
Meski
pada umumnya panduan interface menyarankan agar ikon tidak diberi tulisan
supaya tetap mandiri dari bahasa, namun elemen interface lain seperti teks pada
tombol, caption window, atau teks-teks singkat di sebelah kotak input dan
tombol pilihan semua menggunakan bahasa. Tanpa bahasa pun kadang ikon bisa
tidak jelas maknanya, sebab tidak semua lambang ikon bisa bersifat universal.
Meskipun
penting, namun sayangnya kadang penggunaan bahasa, seperti pemilihan istilah,
sering sekali dianggap kurang begitu penting. Terlebih dari itu dalam dunia
desain situs Web yang serba grafis, bahasa sering menjadi sesuatu yang nomor
dua ketimbang elemen-elemen interface lainnya.
Tujuan
sebuah interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar
user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan
bahasa amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa merupakan alat
tertua (barangkali kedua tertua setelah gesture) yang dipakai orang untuk
berkomunikasi sehari-harinya. Praktis, semua pengguna komputer dan Internet
(kecuali mungkin anak kecil yang memakai komputer untuk belajar membaca) dapat
mengerti tulisan. Interface ada dua jenis, yaitu :
Interface
ada dua jenis, yaitu :
a) Graphical Interface :
Menggunakan unsur-unsur multimedia (seperti gambar, suara, video) untuk
berinteraksi dengan pengguna.
b) Text-Based : Menggunakan
syntax/rumus yang sudah ditentukan untuk memberikan perintah.
Ø
PERBANDINGAN INTERFACE
Graphical
Interface
Ada 5
tipe utama interaksi untuk interaction:
1. Direct manipulation –
pengoperasian secara langsung : interaksi langsung dengan objek pada layar.
Misalnya delete file dengan memasukkannya ke trash. Contoh: Video games.
Kelebihan : Waktu pembelajaran sangat singkat, feedback langsung
diberikan pada tiap aksi sehingga kesalahan terdeteksi dan diperbaiki dengan
cepat. Kekurangan : Interface tipe ini rumit dan memerlukan banyak
fasilitas pada sistem komputer, cocok untuk penggambaran secara visual untuk
satu operasi atau objek.
2. Menu selection – pilihan
berbentuk menu : Memilih perintah dari daftar yang disediakan. Misalnya
saat click kanan dan memilih aksi yang dikehendaki. Kelebihan :
tidak perlu ingat nama perintah. Pengetikan minimal. Kesalahan rendah. Kekurangan
: Tidak ada logika AND atau OR. Perlu ada struktur menu jika banyak pilihan.
Menu dianggap lambat oleh expert dibanding command language.
3. Form fill-in – pengisian form :
Mengisi area-area pada form. Contoh : Stock control. Kelebihan : Masukan data
yang sederhana. Mudah dipelajari Kekurangan : Memerlukan banyak tempat di
layar. Harus menyesuaikan dengan form manual dan kebiasaan.
4. Command language – perintah
tertulis : Menuliskan perintah yang sudah ditentukan pada program. Contoh:
operating system. Kelebihan : Perintah diketikan langsung pada system. Misal
UNIX, DOS command. Bisa diterapkan pada terminal yang murah.Kombinasi perintah
bisa dilakukan. Misal copy file dan rename nama file. Kekurangan : Perintah
harus dipelajari dan diingat cara penggunaannya, tidak cocok untuk
biasa. Kesalahan pakai perintah sering terjadi. Perlu ada sistem pemulihan
kesalahan.Kemampuan mengetik perlu.
5. Natural language – perintah
dengan bahasa alami : Menggunakan bahasa alami untuk mendapatkan hasil. Contoh:
search engine di Internet. Kelebihan: Perintah dalam bentuk bahasa alami,
dengan kosa kata yang terbatas (singkat), misalnya kata kunci yang kita
tentukan untuk dicari oleh search engine. Ada kebebasan menggunakan kata-kata.
Kekurangan: Tidak semua sistem cocok gunakan ini. Jika digunakan maka akan
memerlukan banyak pengetikan.
Ø TIPE INTERFACE
Tipe-tipe
Interface dan Sebutkan tipe interaksinya :
1. Command line interface
(perintah baris tunggal)
contoh : unix,
linux, dos
2. Question/answer and query
dialogue
contoh : mysql,
dbase interaktif, dll
3. Menu (menu datar dan menu tarik)
contoh : hampir
semua software menggunakan menu
4. Natural language (bahasa alami)
contoh : bahasa
pemrograman terstruktur (belum objek)
5. Form-fills and
spreadsheets
contoh : excel,
lotus, dll
6.
WIMP
·
Windows
Icon Menu Pointer
·
Windows
Icon Mouse Pulldown Menu
yang
termasuk komponen WIMP : button, dialogue boxes, pallettes, dll
Ø
TIPE INTERAKSI :
Tipe
interaksi pada interaction:
1. Direct adalah suatu
pengoperasian secara langsung dengan objek pada layar. Misalnya delete file
dengan memasukkannya ke trash.
2. Menu selection adalah suatu
yang memilih perintah dari daftar yang disediakan.
3. Command language adalah suatu
penulisan perintah yang sudah ditentukan pada program.
4. Natural language – perintah
dengan bahasa alami : Menggunakan bahasa alami untuk mendapatkan hasil.
KESIMPULAN
:
Dapat saya simpulkan
bahwa Interface dapat
diartikan sebagai sarana atau medium atau sistem operasi yang digunakan untuk
menghubungkan antara perangkat mikroprosesor agar dapat berkomunikasi dengan
pengguna (user). Sedangkan pada konteks perangkat keras Interface berarti komponen elektronika yang menghubungkan atau
mengkomunikasikan prosesor dengan komponen atau perangkat lain dalam suatu
sistem.
Sumber ref :
0 komentar:
Posting Komentar